Hal Yang Membuat Anak Tak Bisa Bergaul

1. Orangtua yang terlalu memanjakan anak. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa selalu siap siaga dalam membantu anak membuat anak bergantung. Jangan biarkan keinginan anda membahagiakan anak akhirnya membuat anak menjadi tidak mandiri. Berperanlah sebagai monitoring dari jauh agar anak bebas mengekplorasikan kemampuannya.

2. Sering melarang anak atau menakut-nakuti. Kekhawatiran orang tua yang berlebihan terhadap anak bisa saja menjadi pemicu seorang anak sulit untuk bergaul. Anak yang sering ditakut-takuti ketika ingin melakukan suatu hal yang baru bisa menjadi sangat pesimis dalam memandang suatu tantangan.

3. Sering Diejek atau Dihina. Ketika anak berada dalam lingkungan pergaulan seumuran, mereka akan banyak sekali bertemu dengan berbagai macam karakter, latar belakang dan pola asuh yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan prilaku saling mengejek baik secara psikis dan fisik ini akan menyebabkan anak minder. Maka peran orang tua harus cepat mengajak berkomunikasi secara mendalam, berikan pengertian dan tanamkan sifat cuek.

4. Tidak ada kesempatan untuk bicara. Kondisi ini biasanya terjadi dalam lingkungan keluarga dengan pola asuh otoriter. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter biasanya tidak suka bila anaknya membantah atau menanggapi meskipun dengan argumen yang tepat ketika ia berbicara atau membuat keputusan.
connection85

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s